Channel youtube akun belajar @tanya.soal di instagram.
Bahas konsep soal secara mendasar, tips dan trik mengerjakan soal dengan cepat..
Fokus ke #UTBK/#SBMPTN , #USBN Dan #UNBK #SimakUI #UMUGM #umpn

  • 100
  • 132 549

Komentar

  1. Andy fauzan

    UgmπŸ™ŒπŸ™Œ

    1. Tanya Soal

      Wuish, calon gajah mada muda

  2. Rizka Laila Safitri

    Request UNJ sma UNS dong kak :)

    1. Rizka Laila Safitri

      Oke, makasih kak

    2. Tanya Soal

      Ok, disortir dl data2 nya.ditunggu ya, jgn lupa subs dan aktifin loncengnya biar update ya

  3. Choiruddin Ali Syahputra

    Kalau udah daftar LTMPT untuk SNMPTN apakah masih bisa untuk daftar LTMPT untuk UTBK??πŸ™πŸ»

    1. Tanya Soal

      Bisa

  4. USER YOUTUBE

    3:19 itu kok bisa jadi nilai mutlak min?

    1. Tanya Soal

      Kalau jumpa akar dari suatu kuadrat, ubah aja ke mutlak

  5. taufiqutomo

    Except di soal terakhir, x=0 tidak memenuhi. Kalau dicoba dimasukkan x=0 malah jadi √9=-3. Sebelum mengkuadratkan, pastikan ruas kiri dan kanan sama2 positif atau sama2 negatif.

    1. Tanya Soal

      @Agnes Ts waduh kok gitu ya

    2. Agnes Ts

      @Tanya Soal min kok di aku gabisa dibuka ya? Pdhl jaringanya uda bgus min

    3. Tanya Soal

      Mantap, itu mau kita bahas di next video ttg domain fungsi.

  6. Junita Elisabeth

    Ptn usu ada ga kak

    1. Tanya Soal

      Kita list ya

  7. Shadiqul Aqwal

    yg dianjurkan oleh ltmpt untuk tidak lintas jurusan di snmptn atau sbmptn kak?

  8. Boy Sucipto

    buat soshum min?

    1. Tanya Soal

      Coba kamu cek di play list kita ya

  9. Clara Debora

    kak aku mau minta pendapat dong, aku skrng lg bingung mau msk ptn apa pts aja, soalnya kalo diliat dari nilai" dari kls 10 bisa diblg gak terlalu baik, dan takutnya kl ikut bimbel pun nantinya ttp ga msk ke ptn, skrng msh kls 11 tp rasanya pusing bgt mikirin ini doang, minta sarannya dong ka

    1. Tanya Soal

      Masih ada kesempatan mengejar yg ketinggalan kok, jangan pesimia dl, justru bagus kamu sadar kamu masih punya kekurangan, ini bisa jadi motivasi buat kamu memperbaiki kemampuan, belum terlambat kok. Ayo semangat

  10. Tanya Soal

    Latihan soal utbk tps

  11. Indah Febriani

    Kak, kalau ada satu siswa yang pilihan prodi dan univ nya sama persis sama aku berarti peluang ku kan kecil, tapi point plus aku nilai rata" nya banyak punyaku. Sedangkan prestasi yang dia punya itu banyak banget kak, bagaimana apakah saya harus memperhitungkan peluang gitu kak? misalnya dengan ganti univ yang lain, soalnya aku merasa peluang dia besar karena prestasinya banyak kak??

    1. Indah Febriani

      @Tanya Soalrata" nilai saya 84.95 sedangkan teman saya yang ambil prodi dan univ yang sama itu 84.75 jadi kan nilainya nggak jauh beda kak ya, prestasi dia yang relevan dengan jurusan hanya 1 yaitu piagam lomba medspin tingkat kabupaten kak, sedangkan prestasi yang lainya banyak tetapi tidak relevan dengan prodi yang diambil, bagaimana kak apakah saya harus pindah univ lainya agar peluang masuk SNMPTN yang saya punya juga semakin besar??

    2. Tanya Soal

      Nilai rata2 beda signifikan apa tidak? Prestasi kawan kamu apakah relevan dengan prodi incaran?

  12. Khoiruttamam

    Sumbernya dari mana?

  13. Rais Mitra Mahardika

    Anak IE banyak yang salah milih jurusan wkwwkk

  14. Diarii Fitriani

    Upn jkt sama uin jkt ka...

    1. Diarii Fitriani

      Soshum ka

  15. Shadiqul Aqwal

    unand kak

  16. rizkal muharom

    IRT nya per hari atau gimana? Kalau 2019 kan per 2 hari alias per minggu

    1. Tanya Soal

      Harusnya per sesi juga, karena jelas ga mungkin selama seminggu itu soal sama semua, jadi kalau soal beda pasti irt nya beda juga

  17. Chanel No Faedah

    Apa yang terjadi yah kalau seluruh mata kuliah di semester 1 E semuanya?apa masih bisa melanjutkan kuliah di jurusan sy tersebut?

    1. CHANCEUX BEAU

      @Chanel No Faedah anjir parah parah wkwkwk, tenang bro gue juga sama dan parahnya lagi gue masuk kuliah cuma dua mingguan doang njir:v

    2. Chanel No Faedah

      Iyalah bro karena gw udah 2 bulan kagak masuk kampus

    3. CHANCEUX BEAU

      @Chanel No Faedah kalau lu emang udah yakin juga kalau semester 1 ini bakal E semua?

    4. Chanel No Faedah

      Iyah soalnya sudah gua cari-cari jawabnya dimanapun tetap nga ada

    5. CHANCEUX BEAU

      Gue di semester satu ini udah yakin pasti semuanya eror soalnya gue masuk kuliah cuman 2 minggu doang, mana gue lulus SBMPTN lagi:(

  18. Kazuma Kendate

    Bilang dong top SAINTEK

  19. Arif Fikry arrasyid

    Paham ka

    1. Tanya Soal

      Asyik

  20. ProfesorWan

    iyu maksudnya nilai apa bang?

    1. Tanya Soal

      Nilai utbk

  21. Feby Indrawan

    Unbraw dong min Terutama hukum Pliss min

    1. Tanya Soal

      Oke kita masukkan di list ya. Subscribe dan aktifin loncengnya biar kalau ada info terbaru langsung tahu

  22. Feby Indrawan

    Soshumnya kakk

    1. Tanya Soal

      Coba cek di playlist kita 😊

    2. Tanya Soal

      Soshum UI UGM UNPAD sudah ada ya

  23. Theresia Adinda

    Kak, kalau daerah asal di semarang, trs pilihan pertama di undip dan pilihan kedua di unpad itu pengiriman berkasnya gimana ya? Dikirimkan ke mana? Terimakasih kak

    1. taufiqutomo

      @Tanya Soal Rasanya ga ada jurusan elite yang kuotanya ga terpenuhi dari pilihan 1? Berarti percuma dong punya pilihan 2 kalau itu benar?

    2. Tanya Soal

      Berkas itu melalui portal snmptn, jadi berbarengan kok, jadi ibaratnya kedua univ menjaring calon mahasiswa di pilihan 1 dulu, nanti kalau ada kuota sisa baru dijaring lgi yg pilihan 2

  24. Yusuf tri putra Surahman

    Unj kak pendidikan sosiologi

  25. Tanya Soal

    Yang saintek, UI,UGM ITB bisa cek di playlist ya πŸ‘

  26. Melia Oktiva

    Makasih ya Kak!!!

  27. Alvi vi

    Sosiologi ugm kok gaada min?

    1. Tanya Soal

      Yang saya tampilkan 15 yg teratas aja, nilai sosiologi ugm di bawah itu 😊

  28. Nadia Mudzakir

    Itb Bisnis Manajemen dong kakk

    1. Tanya Soal

      Ditunggu ya

  29. X

    Request Untuk yang SAINTEK juga kak

    1. Tanya Soal

      Saintek sdh banyak kita upload, coba cek di playlist kita UTBK ya. Semoga membantu

  30. angelina yoo

    Kak mw tanya...kan aku dah baca infonya katanya ada batch 2 pada tahun yang sama..nah itu gmna yaa kak?

  31. Anindya Dini

    Kok jurusan gizi kes blm ada? Pdhl saintek juga

  32. Yasser Sand

    soshum dong pak...

    1. Tanya Soal

      Soshum sdh ada ya

  33. Jeffrey Bermillo

    SBM ITB gak ada kak?

  34. salsabilah avan

    Prodi falk ekonomi dong

  35. fransisca Fita

    Makasih kak

    1. Tanya Soal

      Semoga bermanfaat

  36. sriningsi rahayu

    mksh kkk...πŸ˜‡ vdio y

    1. sriningsi rahayu

      smg sukses sllu y kkπŸ˜‡

    2. Tanya Soal

      😊

  37. Azam Ramadan

    Kk soshum dong kk

    1. Tanya Soal

      Soshum sdh kita buat, di cek ya

  38. Mirna efnil

    Kak misalnya aku mau masuk ui,tapi dari sklh aku siswa yg lain ga ada yg daftar jadi cuma aku,emang benar ya kalau ga ada saingan dari siswa satu sklh itu peluang besar ya?(lewat snmptn)

    1. Tanya Soal

      Peluang semakin besar, tp itu tanpa saya ketahui akreditasi dan nilai kamu ya. Paling tidak pesaing internal kamu tidak ada lagi. Untuk konsultasi lanjutan kamu boleh dm saya di ig @rudi.tandean.apt

  39. Sulistya Wijaya

    Aku setahu aku wacana utbk dimajukan itu bukan untuk tahun ini tapi beberapa tahun kedepan , mungkin 2021 atau kapan . Tapi ga tau juga ya itu sih yang aku baca maaf kalau salah

    1. Tanya Soal

      Utk tahun ini memang tidak. Video ini dibuat ketika mulai muncul isu2 wacana utbk dimajukan

  40. Nurianti Maryani

    Kak mau tanya, utbk itu di laksanakan dimana?

  41. Nurianti Maryani

    Terimakasih infonya 😊

  42. RIO RAMADHAN

    Melepuh otakku😭

    1. Tanya Soal

      Kenapa?

  43. Calvin Pangaribuan

    Nama jalur undangan USU apa ya?

  44. rina widariana

    Kak simak ui jalur reguler/paralel prodi ilmu komunikasi masih nulis essay nggak?

    1. Tanya Soal

      @rina widariana ga, kecuali kamu ambil beberapa jurusan yg menyuruh kamu lengkapi berkas, borang,portofolio.

    2. rina widariana

      Min sbmptn gak usah nulis essay min?

    3. Tanya Soal

      Iya,ada

  45. Angelo Adrian

    Yang (a) itu... harusnya 2Na + Cl2 ?

  46. Hendra Day

    Saya baru tau essay. Alhamdulillah dapat refrensi banyak

  47. mohd jumardi

    Unhas kk berp?? Mohon dijawab

  48. Maryama Aflaha

    lagi dong kak

    1. Tanya Soal

      Apanya lagi? Hehehe

  49. Asnawati Aswa

    X<=1

  50. Asir Sapa

    Kak terus kalo tdk dpt email pengumuman tahap 1 brrti tdk lolos?

  51. susilawati

    Akreditasi sekolahku A tapi aku berasal dari sekolah desa, sedangkan aku pengen masuk ui, aku bisa nggak masuk ui ya ka?

    1. susilawati

      @Tanya Soal amiin insyallah aku daftar ditahun 2020 πŸ˜…, kalo tahun ini aku masih kelas 12☺, do'ain aja ya kak semoga aku lolos..,oh ya aku boleh tanya lagi gak kak? Kan ui tuh banyak peminatnya, terus nilai raport untuk jalur SNMPTN kiraΒ² nilainya berapa untuk masuk jurusan psikolog Ui, terus mata pelajaran apa aja yang bakal diliat diraport kita???

    2. Tanya Soal

      Tentu ada, tp kalau pun blm ada alumni sekolah yg diterima sebelumnya bukan berarti kesempatan tertutup kok. Segalanya kan ada yg jadi pertama, mana tau di tahun ini kamu yg pertama dr sekolah kamu yg diterima 😊

    3. susilawati

      Terus bener nggak si ka kalo alumni disekolah kita juga nentuin, sedangkan alumni disekolah aku tu belum ada yang ke ui, jadi aku takut nanti pas daftar gak keterima

    4. Tanya Soal

      Kenapa tidak? Memang kalau UI relatif lbh susah masuknya tp bukan berarti tidak mungkin

  52. Ida Rosiana

    Tengkyu bang

  53. Nurianti Maryani

    Kak kalau nilai rata2 nya itu nilai apa ya?

    1. Puthut Prasetyo

      Bantu jawab semacam Nilai passing grade

  54. Irfan Ahmad

    Dapet informasi dari mana kak untuk nilai" minimal dan maksimal gitu?

    1. Irfan Ahmad

      Dr ltmptnya kah?

  55. husna haya

    Kalo kedokteran gigi brp kak?

    1. Sarah Fairuzy

      Ditunggu ya kak untuk nilai sbm kedokteran gigi nya, sekalian universitas yg bagus untuk kedokteran gigi, makasih kak 😊

    2. Tanya Soal

      Ok waiting list ya

  56. taufiqutomo

    soshum please..

    1. Tanya Soal

      Siappp

  57. Salsha riva

    Kak yang farmasi dong

  58. Clara Nadila Santoso

    Kak aku Nonton di sebelah, di fkkmk ugm min. Ada yg 687

    1. Clara Nadila Santoso

      @Tanya Soal makasi infonyaaa

    2. Tanya Soal

      Itu yg saya maksud di awal bisa jadi pengaruh subtes nya sih. Beda tipis banget soalnya kan

  59. Zulfa Safina

    Makasi infonya :)

  60. anisamaull -

    Fresh bngtt

    1. Tanya Soal

      Eh anisa lagi 😊, anak fk unila hehe

  61. D95P Indo

    Bermanfaat sekali infonya buat para maba

  62. Alma Utami

    Gizi kak

  63. Rachmat Zakaria

    Makasi infonya

  64. ibuud prasetyo123

    Alhamdulilah gak jadi tahun ini teman2.. Itu masih sekedar usulan dan untuk merealisasikan diperlukan sosialisasi dan persetujuan dari banyak pihak. Bisa dicek di ig-nya ristekdikti

    1. Sulistya Wijaya

      Iya betul , kalau pun jadi ga tahun ini kok

  65. Wildan Hidayat

    X=-3/4 atau x= 5/2

  66. Nani Muryani

    mikirin lulus smu dulu ... Baru nyari ptn biar fokus satu satu. Jadi begini yah πŸ€”πŸ€”πŸ€”...jgn bingung deh

  67. fitri ana

    Pantesan Indonesia gak maju2. Dasar negara maju itu sistem pendidikannya TOP, Nah ini gi mana negara kita mau maju? Kalo sistem pendidikannya di bolak-balik sama pemerintah😑😑. Udah cukup risuh masalah sistem zonasi sekarang? UTBK mau di majukan???!

  68. Kamera Plesir

    Siswa yang biasa aja ini ngerasa dianak tirikan dan tidak dibutuhkanπŸ˜‚ hanya mementingkan mereka yang cerdas dan berprestasi yang diprioritaskan... yasudah lahπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    1. Yogi Lesmana

      iya bener banget

  69. Hamburgerples

    thank you, sangat membantu!!

  70. Jama Abdullah

    Makasi ya Kak, sangat membantu

  71. Vanya Roveta

    Lah ga adil lah dlu gua ampe bingung pgn belajar un apa utbk dlu

  72. Naura Syifa

    Jujur saya pejuang 2020 sangat kontra, ya gmn lagi ya bulan juli-desember atau smt 5 kita berjuang buat memperbaiki nilai pelajaran untuk bisa ikut di snmptn 2020, dan itu pun materinya juga banyak banget, belum lagi sekolah fullday, masih banyak tugas sekolah yang diberikan sama guru,ulangan,UTS dsb, dan di bulan november pun materi pelajaran untuk semester 5 belum selesai, walaupun kita udah ikut bimbel di luar,online atau yang lain ,waktu sedekat itu malah tidak bisa berjalan maksimal, tolong pikirkan kembali, bukannya kami mengeluh, kami juga berjuang, belajar itu gak gampang, apalagi soal utbk yang levelnya lebih tinggi diatas UN harus kita pelajari dlm waktu yg cukup singkat, dan ini utbk direncanakan SEBELUM UN? Hasilnya pasti tidak memuaskan, bbrp pihak yang pro memang setuju" saja mereka hanya mengadakan, sedangkan kita pejuang 2020?

    1. Nini Hariani

      Semoga utbk tdk maju bulan november cz membuat stresss anak

    2. Naura Syifa

      @Theresia Adinda aamiin, suksesss mudah" an wacana ini tidak disetujui

    3. Theresia Adinda

      Naura Syifa benar bangett Saya juga kontra dengan wacana tersebut btw saya juga pejuang 2020 Semoga kita bisa lolos snmptn ataupun sbmptn ya! AMIN πŸ™

  73. Fatih Alhakim

    Min ITS dong min

  74. Najmi Brian

    Trima kasih bang

  75. Andi Arqam

    klo bisa jangan asal nembak menurut gw sih, ada benernya karena penguji pasti tw mana yang ngawur mana yang asal, jadi akan mengurangi nilai kalian masing2, gw kapok sihh waktu upmn poltek make cara nembak juga tpi sadar gw soalnya klo lu gk yakin gk bisa jawab lebih baik di skip aja bro gk usah di tembak, doain besok ujian mandiri poltek berhasil yahh bro?

    1. Tanya Soal

      Semoga lancar2 ujiannya ya

  76. Mr. Doremi

    Gw bikin grup gap year nih kalo mau join add line gw ya : tandogilang. Biar kita bisa saling nyemangatin dan saling sharing. Tengs

    1. Tanya Soal

      MantapπŸ‘

  77. Chika Mialinda

    Buat yg UI SOSHUM juga dong kak please bgt

    1. Tanya Soal

      Ok. Kita usahakan ya

  78. Fara

    Kak yang semester 4 boleh ikut? Karna waktu registrasi kak ada daftarnya batasnya ada sampai 4

    1. Tanya Soal

      @Fara setau saya semester 2 memang. Kurang update juga apakah sem 4 jg boleh

    2. Fara

      @Tanya Soal boleh atau nggak kak? Persyaratannya huhuhu batas maksimal smstr 2

    3. Tanya Soal

      Kalau memang boleh sampai semester 4 silahkan coba. Toh daftar aja ga rugi kan. Mana tau busa cair 😊

  79. Sauri Beginner

    Makasih info nya πŸ‘

    1. Tanya Soal

      Semoga bermanfaat

  80. Luxvhyona Fharadhylla Prapassel

    Kak udh submit data tp kok blm dpt no register?

    1. Tanya Soal

      Sampai saat ini blm dpt kah? Coba cek inbox email atau di bagian spam nya

    2. Luxvhyona Fharadhylla Prapassel

      Mohon bantuannya kak

  81. Alvindra Jaya

    1 <= x <= 3

  82. Syder Custom minifigures

    Gan saya ada pertanyaan,, um SAINTEK itu misal saya ngmbil teknik mesin , apa saya bisa keterima klo saya maksimal mengisi di matpel fisika,matematika nya aja trus bio,kimia nya gk di kerjain,apa penilaianya harus variatif ya nilai nya. Harus ada nilai di keempat matpel itu

  83. Nur Aziza

    kak tanya, kaloa seandainya tahun depan itu kita pindah ke ptn lain itu untuk beasiswanya gimana ya? apakah bisa kita urus ulang?

    1. Nur Aziza

      @Tanya Soal berarti sampe seterusnya kita ga bisa dapat beasiswa dari yayasan yang sama?

    2. Tanya Soal

      Ga bisa dipakai lagi. Dan biasanya kamu diblacklist buat beasiswa dr yayasan yg sama

  84. Simon Cornelius

    Kak mau tanyak kalau penilaiannya benar +4 salah -1 tidak dijawab 0 kalau kita tidak tau soalnya lebih baik tidak dijawab saja kan soalnya kalau tidak dijawab nilai nya kan 0,mohon bantuuannya kak

  85. Lina Rait

    Kak saya ingin bertanya Saat kita sudah selesai membuat akun apakah harus langsung mengisi form dan data yang diminta atau ada batas waktunya?

    1. Lina Rait

      Kak bagaimana kalau misalnya ijasah sekolah belum diterimah boleh tidak diganti dengan surat keterangan lulus sementara, dan surat keterangan dinyatakan lulus di universitas itu bagaimana bolehkah menscan kartu mahasiswa atau memang harus meminta dari kampus?

    2. Lina Rait

      @Tanya Soal ok terima kasih kak

    3. Tanya Soal

      Ga harus langsung, asal jgn lewat batas pendaftaran aja

  86. Ewaldina Bay

    😍😘terima kasih semoga bisa lolos nanti ujian mandiri..πŸ™

  87. Nurul Afifah Dwifitriana

    Mw tnya ka, program prioritas mksdnya apa ya ka? Mksh sblmnya

  88. Aeini Diana

    Sangat membantu sekali πŸ˜‡, semoga lolos UM thn ini amin..

  89. wazzab coy

    aku mene test tapi gaopo saiki losssss sampe awann!!!!

  90. Simon Cornelius

    Semoga lulus smm usu πŸ™πŸ™

  91. Risqa Fakhira Saputri

    alhamdulilah sempet nntn video ini bermanfaat bgt kak besok saya test ujian Univ Raden fatah palembang semoga saya lulus amin.

  92. JeJe Gaming

    Bismillah besok tes smm di UnMul...semoga lulus Amin...

    1. Putra adhe

      Sama boy

    2. Kapten Kaizo

      Sama nih

  93. JaSun MotoVlog

    Bismillah semoga lulus UM UPI jurusan Pendidikan Seni Musik πŸ™πŸ™πŸ’ͺπŸ’ͺ

  94. Andi.S Channel

    X1 = -3/4 atau X2 = 5/2

  95. Aji Sukma

    Yang Fmipa nya gk ada kk

    1. Tanya Soal

      @Aji Sukma iya benar

    2. Aji Sukma

      Berarti nilai nya lebih rendah dari yg top 10 tdi kk

    3. Tanya Soal

      Gak masuk top 10 aja.

  96. Rhido Ilyas

    Min buat materi cara buat garis bilangan dong

    1. Tanya Soal

      Ada di agenda kita kok, satu per satu ya 😊

  97. Adelia Wulandari

    Kak kalo pake token rekening listriknya gimana?

  98. Video Pembelajaran SBMPTN

    Pengalaman taun taun sbelumnya, soal2 ujian mandiri biasanya lbih dibawah utbk/sbmptn jadi alangkah baiknya belajar utbk nya dimaksimalin agar menjangkau ke segala ujian2 yang selanjutnya. Semoga yang like lolos ujian perguruan tinggi amin

    1. Tanya Soal

      Betul, kecuali UTUL dan SIMAK

  99. Video Pembelajaran SBMPTN

    Wacana bisa jadi iya atau tidak, murid yg ingin serius lolos harus secepat2nya nyolong start dong....

    1. Renita Bella Anggaraini

      Tak semudah itu Ferguso... Dikira kami komputer...

  100. Dilta Rukk

    ITS dan UNDIP kak